Bioenergi

April 26, 2011 at 10:25 AM Leave a comment

Bioenergi merupakan bagian dari solusi untuk energi terbarukan dalam menangani masalah krisis energi. Bioenergi adalah energi terbarukan yang berasal dari makhluk hidup, lain halnya dengan solusi energi terbarukan yang lainnya. Contoh dari bioenergi yang sering kita gunakan adalah biomassa, biofuel, dan biodiesel.

Biomassa adalah materi organik yang terkandung dalam tanaman dan hewan. Biomassa ini didapatkan dari energi matahari. Biomassa juga dapat dibuatkan alternatif lain seperti gas metana atau biasa disebut biogas. Selain itu, biomassa dapat dikonversi menjadi etanol, suatu senyawa yang merupakan bahan bakar transportasi. Etanol didapatkan dari jagung ataupun tebu. Selain jagung maupun tebu, banyak bahan lain yang dapat digunakan, misalnya minyak nabati, ataupun dari hewani.

Bahan bakar dari biomassa tidak berarti tidak memiliki polusi. Pembakaran biomassa tetap memiliki polusi, namun tingkatannya jauh lebih rendah daripada bahan bakar biasa yang terbuat dari fosil. Hal ini yang menjadi keuntungan menggunakan biomassa sebagai bahan bakar daripada bahan bakar biasa.

Biofuel juga tidak jauh berbeda dari biomasssa. Biofuel menggunakan materi alami yang sama seperti biomassa. Namun, biofuel dapat menggunakan rumput laut (algae) sebagai material pembuatannya, dan hal ini memungkinkan bahan bakar tersebut untuk memproduksi 30x lebih banyak energi daripada biofuel lainnya.

Biodiesel jauh lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar diesel yang biasanya digunakan saat ini. Biodiesel mengandung lebih sedikit karbon dioksida, sulfur monoksida, karbon monoksida, dan polutan lainnya yang dapat membuat efek rumah kaca pada bumi. Yang menjadi kelemahan dari biodiesel adalah bahwa biodiesel memiliki kandungan nitrogen monoksida 10% lebih tinggi, dan sayangnya, gas ini juga sebagai salah satu faktor pendukung efek rumah kaca.

Tentunya, inovasi akan terus berkembang, sebuah perubahan baru pasti akan datang seiring waktu berjalan. Permasalahan yang ada mengenai energi dan lingkungan hidup selalu menjadi sorotan. Banyak jawaban atas permasalahan tersebut, namun sebagai manusia yang selalu berpikir ke depan, kita harus memikirkan dan mencoba solusi yang lebih baik lagi. Mari kita pikirkan sebuah perubahan dan menjawab semua tantangan krisis energi ini.

referensi: http://green.wikia.com/wiki/Wikia_Green

Entry filed under: News, Tips. Tags: , , , , , , , .

Energi Terbarukan Gerakan Hemat Energi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Posts

April 2011
M T W T F S S
    May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Author

View Stats

  • 21,716 views

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers


%d bloggers like this: