Gerakan Hemat Energi

April 27, 2011 at 10:57 PM Leave a comment

Mungkin banyak diantara kita sebagai warga dunia yang selalu menyerukan gerakan hemat energi. Tak salah, kita selalu mendengar seruan ini dimana – mana. Tapi, sedikit sekali warga dunia yang benar – benar berniat dalam melakukan gerakan hemat energi ini. Banyak yang berpendapat jika kita melakukan gerakan ini tidak jauh berbeda seperti hidup di zaman sebelum peradaban. Apakah memang gerakan untuk hidup hemat energi sangat sulit?

Menjalani hidup yang hemat energi sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang kita bayangkan. Tidak perlu anda menjalani kehidupan ala zaman primitif untuk hidup hemat energi. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan sebagai bagian dari hidup hemat energi.

1. Matikan segala peralatan elektronik yang tidak diperlukan. Namun, jangan sampai anda seakan – akan membutuhkan untuk menggunakan peralatan tersebut hanya agar anda dapat menggunakannya sewaktu – waktu.

2. Ganti semua lampu bohlam ke lampu hemat energi. Selain lebih hemat energi, ada beberapa jenis lampu yang memang lebih terang dari lampu bohlam. Serta pemakaian listrik untuk lampu hemat energi dapat mencapai 80% lebih sedikit.

3. Jika anda membutuhkan sebuah komputer, sangat disarankan untuk membeli komputer jinjing (laptop) daripada komputer meja (desktop), karena pemakaian listrik laptop 5x jauh lebih rendah daripada desktop. Adapun jika anda terpaksa membeli desktop, usahakan agar anda membeli monitor LCD daripada monitor tabung (CRT).

4. Kurangi mencetak data dengan kertas (print), terutama laser printer, karena laser printer menyerap listrik lebih banyak dibanding inkjet printer.

5. Lebih baik matikan peralatan elektronik yang sedang stand-by, karena saat stand-by, peralatan tersebut juga tetap mengonsumsi energi.

Saran – saran diatas adalah bagaimana agar kita dapat menghemat energi listrik. Tentu saja jika kita berbicara energi, tidak hanya energi listrik yang terlibat di dalamnya, namun juga air. Bagaimana trik kita agar dapat menghemat air? Berikut saran untuk menghemat air.

1. Lebih baik mandi menggunakan shower daripada gayung, karena mandi dengan gayung cenderung menggunakan lebih banyak air daripada dengan shower.

2. Tutup keran air dengan rapat. Terkadang ada air yang masih menetes saat kita menutupnya kurang rapat. Hal ini akan membuang – buang air.

3. Jangan biarkan air terus menerus mengalir jika tidak sedang digunakan. Minimalisir penggunaannya.

Tentu saja saran – saran diatas akan tetap menjadi saran jika anda tidak mulai melakukannya dari sekarang. Paling tidak lakukan saja sebagian kecil dari ide – ide ramah lingkungan kita. Bayangkan jika seluruh dunia berpartisipasi dalam gerakan hemat energi, akan ada energi dalam jumlah yang besar untuk masa depan bumi kita. Mari kita mulai hemat energi, tidak hanya listrik tapi juga air, dari sekarang.

referensi: http://www.wwf.or.id/berita_fakta/publications/?10200/Hemat-listrik-Buat-apa-Kan-masih-mampu-bayar

Entry filed under: News, Tips. Tags: , , , , , .

Bioenergi Mengemudi Secara Ramah Lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Posts

April 2011
M T W T F S S
    May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Author

View Stats

  • 21,716 views

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers


%d bloggers like this: