Mengemudi Secara Ramah Lingkungan

April 28, 2011 at 11:41 PM Leave a comment

Sebagian besar dari kita tentu memiliki kendaraan. Walaupun kendaraan memliki tingkat polusi udara yang cukup tinggi, namun terkadang sangat sulit bagi kita untuk memisahkan kendaraan dari kehidupan kita. Jika sudah seperti ini, apa yang akan kita lakukan? Jawabannya adalah mengemudi secara ramah lingkungan. Fokus kita untuk mengemudi secara ramah lingkungan adalah pada kendaraan mobil.

Beberapa tips mengemudi secara ramah lingkungan:

1. Periksa tekanan angin pada ban secara teratur. Tekanan angin yang kurang akan memberatkan kinerja mesin pada kendaraan anda, dan ini menyebabkan pemakaian bahan bakar menjadi boros.

2. Kurangi barang bawaan yang tidak perlu di mobil. Sama halnya dengan menambah beban pada mobil, hal ini juga memberatkan kinerja mesin anda.

3. Panaskan mobil secukupnya. Jika di pagi hari anda memanaskan mobil, jangan terlalu lama karena bahan bakar anda terkonsumsi untuk menyalakan mesin dalam jangka waktu tertentu, lebih baik anda memanaskan mobil secukupnya.

4. Atur suhu AC pada mobil seperlunya. Lebih baik anda tidak menyalakan AC dengan suhu yang terlalu dingin. Atur suhu AC agar tidak berbeda terlampau jauh dari suhu luar. Jika suhu luar sudah cukup sejuk, anda tidak perlu menyalakan AC, bukalah jendela mobil seperempatnya.

5. Jangan akselerasi mobil secara mendadak. Jika kita melakukan akselerasi secara mendadak, bahan bakar terkonsumsi jauh lebih banyak daripada saat kita melakukannya secara bertahap, jadi lebih baik kita akselerasi mobil secara bertahap.

6. Matikan mesin mobil jika mobil tidak diperlukan. Mesin mobil yang menyala akan mengonsumsi bahan bakar, jadi ketika mobil tidak digunakan, lebih baik agar mesin dimatikan untuk menghemat bahan bakar.

7. Gunakan engine break. Untuk pengereman mendadak, sebisa mungkin anda gunakan posisi gear yang lebih rendah, dimana hal ini akan memanfaatkan putaran mesin untuk menahan laju kendaraan. Penggunaan rem secara mendadak akan mengakibatkan terbuang percumanya bahan bakar di ruang mesin.

8. Periksa mobil secara berkala. Tentu dengan merawat mesin mobil anda, pemakaian bahan bakar untuk mesin mobil anda juga lebih hemat daripada mesin yang kurang terawat dengan baik.

Seperti yang kita semua ketahui, bahan bakar adalah sumber daya yang terbatas, selain itu harga bahan bakar juga terus melambung seiring waktu. Jadi, dengan menghemat bahan bakar anda, anda sudah mengurangi pemakaian jumlah sumber daya yang terbatas dan mengurangi pengeluaran anda untuk bahan bakar. Mari kita mulai untuk mengemudi secara ramah lingkungan.

referensi: http://www.nissan-zone.com/tips_trick_detail.php?id=9

Entry filed under: Tips. Tags: , , , , , .

Gerakan Hemat Energi Gas Efek Rumah Kaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Posts

April 2011
M T W T F S S
    May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Author

View Stats

  • 21,716 views

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers


%d bloggers like this: