5R

April 30, 2011 at 11:51 PM Leave a comment

Seringkali kita mendengar istilah 3R dalam kehidupan kita. Dalam upaya menjaga lingkungan hidup dan kelestariannya, 3R tersebut sangat berpengaruh dalam menangani masalah limbah yang terus menumpuk. 3R tersebut ialah Reduce, Reuse, dan Recycle. Akan tetapi, tidaklah lengkap rasanya apabila kita hanya bisa berpuas diri setelah kita melakukan 3R. Maka dari itu, masih ada 2R lagi yang harus kita lakukan, Replenish dan Restore.

Reduce berarti mengurangi. Jika biasanya kita mendengar istilah ini untuk mengurangi jumlah limbah yang akan kita buang, cobalah untuk juga melibatkan usaha ini untuk ke bidang energi juga, yaitu mengurangi pemakaian energi. Mengurangi limbah kita dapat dimulai dengan hal yang sederhana, memilah barang – barang yang tidak bisa dipakai kembali. Jika barang tersebut masih bisa dipakai kembali, lebih baik barang tersebut jangan dibuang. Dengan melakukan hal ini, anda dapat mengurangi jumlah polutan seperti plastik dan kertas.

Reuse berarti menggunakan kembali. Jika anda memiliki kertas – kertas hasil cetakan anda yang salah, mengapa tidak digunakan sebagai catatan kecil? Paling tidak, sisi lain dari kertas tersebut dapat anda gunakan kembali. Atau mungkin anda memiliki wadah bekas? Anda dapat menggunakannya untuk menampung barang lainnya. Wadah selai sebagai tempat menampung garam, misalnya. Dengan menggunakan kembali barang – barang tersebut anda sudah menambah nilai penggunaan barang – barang dan mengurangi penumpukan jumlah barang yang tidak terpakai.

Recycle berarti mendaur ulang. Kegiatan ini sebenarnya tergantung kepada kreatifitas anda. Anda dapat mendaur ulang botol air minum bekas menjadi pot kecil untuk tanaman anda. Atau, anda dapat menyulap kantong bekas detergen menjadi tas tangan yang cantik. Dengan mendaur ulang benda – benda di sekitar anda, anda bisa juga memanfaatkannya untuk menambah penghasilan anda.

Replenish berarti melengkapi. Anda bisa saja menggabungkan barang yang tidak terpakai menjadi sebuah barang baru yang anda butuhkan. Bahkan mungkin saja barang kombinasi ini memiliki nilai lebih daripada sebelumnya. Kegiatan ini juga bergantung kepada kreatifitas dan kemampuan inovasi anda. Siapa sangka anda dapat membuat sebuah inovasi dan menemukan ciptaan baru dari barang bekas?

Restore berarti memulihkan. Tentu saja dengan sumber daya yang kita gunakan setiap saat, kita sebenarnya memiliki kewajiban untuk memulihkan sumber daya tersebut. Anda dapat mengembalikan kelestarian lingkungan dengan cara ini. Ataupun yang mudah, anda dapat memperbaiki barang – barang yang rusak sehingga barang – barang tersebut dapat digunakan kembali.

Anda bisa saja memulai hidup dengan menjalankan prinsip 5R dari sekarang. Tidak ada kata terlambat. Jika kita bersungguh – sungguh dalam mengusahakan menjaga kelestarian lingkungan, tentu kita sanggup. Dengan menjalankan 5R diatas, sangat mungkin anda bahkan tidak membuang barang – barang apapun, karena semuanya dapat diolah dan menambah nilai dari barang itu sendiri. Mari kita mulai jalankan prinsip 5R dari sekarang.

Entry filed under: Tips. Tags: , , , , , , , , , .

Gas Efek Rumah Kaca Kode Identifikasi Plastik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Posts

April 2011
M T W T F S S
    May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Author

View Stats

  • 21,716 views

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers


%d bloggers like this: