Kode Identifikasi Plastik

May 1, 2011 at 11:05 PM Leave a comment

Limbah plastik merupakan salah satu limbah yang paling sulit diuraikan oleh alam. Waktu yang dibutuhkan untuk menguraikan plastik oleh mikroorganisme dan mikrobakteri adalah ribuan hingga jutaan tahun. Kita sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan tentu sangat mengerti akan hal ini. Lantas bagaimana kita menyikapi hal ini? Salah satu cara untuk mengurangi limbah plastik adalah dengan mendaur ulang plastik tersebut. Tahukah anda jika plastik digolongkan ke dalam jenis yang berbeda – beda? Mari kita pelajari jenis dan penggolongan plastik.

1. Golongan plastik Polyethylene Terephtalate (PETE / PET). Golongan plastik ini memiliki ciri – ciri yang bening, kuat dan tahan terhadap kelembaban.  Plastik ini biasanya digunakan untuk botol air mineral, botol soda ataupun untuk wadah selai. Golongan ini memiliki kode 1.

2. Golongan plastik High Density Polyethylene (HDPE). Golongan plastik ini memiliki ciri – ciri yang kaku, kuat dan tahan terhadap kelembaban.  Plastik ini biasanya digunakan untuk botol susu ataupun botol jus. Golongan ini memiliki kode 2.

3. Golongan plastik Polyvinyl Chloride (PVC / V). Golongan plastik ini memiliki ciri – ciri yang kaku, kuat, tahan lama dan tahan terhadap kelembaban.  Plastik ini biasanya digunakan untuk pipa PVC / saluran air. Golongan ini memiliki kode 3.

4. Golongan plastik Low Density Polyethylene (LDPE). Golongan plastik ini memiliki ciri – ciri yang fleksibel, kuat dan tahan terhadap tekanan.  Plastik ini biasanya digunakan untuk botol selai, botol sabun yang dapat ditekan. Golongan ini memiliki kode 4.

5. Golongan plastik Polypropylene (PP). Golongan plastik ini memiliki ciri – ciri yang kuat, tahan panas, tahan bahan kimia dan tahan lama.  Plastik ini biasanya digunakan untuk peralatan dapur, piring dan gelas sekali pakai dan peralatan microwave. Golongan ini memiliki kode 5.

6. Golongan plastik Polystyrene (PS). Golongan plastik ini memiliki ciri – ciri yang bening, tahan lama dan mudah dibentuk.  Plastik ini biasanya digunakan untuk styrofoam dan pembungkus peralatan elektronik. Golongan ini memiliki kode 6.

7. Golongan plastik Other  (O). Biasanya plastik ini berupa Polycarbonate ataupun ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Golongan plastik ini memiliki ciri – ciri selain diatas, namun memiliki gabungan polymer.  Plastik ini biasanya digunakan untuk botol susu bayi dan casing peralatan elektronik. Golongan ini memiliki kode 7.

Plastik – plastik yang memiliki karakteristik berbeda sudah digolongkan dan diberi kode masing – masing sehingga kita tidak perlu menganalisa karakteristik plastik tersebut. Penggolongan inilah yang disebut dengan kode identifikasi plastik. Perlakuan dalam proses daur ulang untuk golongan plastik yang berbeda pasti berbeda pula. Maka dengan menggolongkan plastik saat akan membuangnya akan menjadi sebuah keputusan yang bijak karena akan memudahkan proses daur ulang plastik tersebut. Mari kita golongkan limbah plastik yang akan kita buang dari sekarang.

Entry filed under: News. Tags: , , , , , .

5R Plastik Biodegradable

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Posts

May 2011
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Author

View Stats

  • 21,716 views

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers


%d bloggers like this: