Plastik Biodegradable

May 2, 2011 at 7:19 PM Leave a comment

Akhir – akhir ini, jika anda berbelanja di supermarket, seringkali terlihat jejeran plastik yang ramah lingkungan di dekat kounter kasir. Apakah plastik tersebut? Apa yang membedakan plastik itu dengan kantong plastik pada umumnya? Kantong plastik yang disebut – sebut ramah lingkungan tersebut adalah kantong plastik biodegradable. Biodegradable berarti dapat diuraikan oleh mikroorganisme di alam. Apakah hal tersebut mungkin terjadi, mengingat plastik adalah salah satu limbah yang paling sulit diuraikan?

Jawabannya adalah mungkin. Hal yang membedakan plastik biodegradable dengan plastik pada umumnya adalah komposisi penyusun plastik tersebut. Jika pada umumnya bahan plastik adalah polymer (polymer adalah rangkaian karbon yang sangat panjang dan sulit untuk diuraikan), namun bahan plastik biodegradable adalah bahan alami seperti tumbuh – tumbuhan. Salah satu material yang paling sering digunakan untuk plastik biodegradable adalah pati jagung. Plastik yang berasal dari pati jagung tentu saja dapat terurai di alam karena plastik ini dibuat dari bahan alami. Sayangnya, plastik yang terbuat dari pati jagung ini memiliki proses pembuatan yang sangat mahal. Hal ini mengakibatkan plastik biodegradable ini cukup sulit untuk menggeser plastik biasa di pasaran.

Selain plastik yang terbuat dari pati jagung, plastik biodegradable juga dapat dibuat dari bahan sintetis, namun tetap dapat diuraikan oleh lingkungan, contoh dari bahan sintetis pembuat plastik biodegradable ini adalah Polylactic Acid, Polybutylene Succinate, Polycaprolactone dan lain – lain.

Keuntungan dari plastik jenis ini tentunya sangat jelas, yaitu dapat mengurangi limbah plastik yang ada di Bumi. Bagaimanapun, plastik ini masih memiliki kekurangan yaitu dapat menambah emisi gas CO2. Gas yang dihasilkan termasuk ke dalam gas efek rumah kaca yang akan semakin memperparah pemanasan global. Beberapa hal yang dipertimbangkan mengenai penggunaan plastik yang lebih baik adalah dengan Oxo Biodegradable (OBD) Plastics, yaitu plastik yang dapat terurai hanya dengan Oksigen dan cahaya matahari.

Sekarang, apakah anda akan memilih untuk menggunakan plastik biodegradable yang mahal, ataukah anda akan memilih plastik biasa yang murah namun menambah limbah plastik? Pilihan ada di tangan anda. Namun, ada satu hal yang patut kita semua pertimbangkan, yaitu mengurangi penggunaan plastik dengan membawa kantong / tas sendiri saat berbelanja, selain anda menghemat uang karena tidak perlu membeli plastik biodegradable, anda juga menekan angka penggunaan plastik yang berarti juga menekan angka limbah plastik di Bumi ini. Mari kita berpikir untuk hidup ke arah yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Entry filed under: News. Tags: , , , , , , .

Kode Identifikasi Plastik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Posts

May 2011
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Author

View Stats

  • 21,716 views

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers


%d bloggers like this: